Tutorial: 5 Langkah Mudah Setting Mouse Macro A4Tech XL-747H/F2 Untuk SG/AWP Game PointBlank

setting mouse macro a4tech f2Artikel ini sengaja dishare untuk para Troopers Point Blank yang susah cari “Bagaimana Cara Setting Tombol-Tombol Macro Pada Mouse A4Tech F4 Series Untuk Game Point Blank” dan karena saya susah cari tutorial di Google. Apalagi karena kepengen pake secepatnya Mouse Macro A4Tech F2 yang baru dibeli sore tadi 🙂

Mouse Macro adalah mouse yang memiliki tombol-tombol shortcut tambahan, dimana tombol-tombol shortcut tambahan pada mouse ini dapat diprogram dengan sebuah software tambahan, agar tombol-tombol shortcut ini dapat menjalankan fungsi berupa kombinasi beberapa tombol keyboard dan mouse secara bersamaan.

5 Langkah Setting Mouse Macro A4Tech XL-747H/F4 Untuk SG/AWP Game PointBlank

1. Colokkan mouse ke port USB CPU. Pada Windows 7, mouse akan auto-install default drivernya. Setelah itu mouse sudah dapat digunakan layaknya mouse pada umumnya. Tetapi yang jadi permasalahannya disini adalah “cara meng-custom tombol-tombol macro-nya” lalu install Software Oscar Editor dengan cara memasukkan CD Driver mouse pada CD-ROM.

2. CD Driver akan auto-run setelah dimasukkan ke dalam CDROM. Klik ikon auto-run yang muncul lalu akan muncul tampilan driver yang akan di install, pilih driver yang sesuai dengan mouse yang digunakan, dalam hal ini A4Tech XL-747H/F4. Setelah selesai, jalankan program Anti-Vibrate Oscar Editor yang ada pada Desktop.

3. Mouse telah terinstall berserta dengan Oscar Editornya. selanjutnya setting tombol macro-nya. Perhatikan gambar tampilan antar muka oscar editor, kita ingin meng-custom tombol “7” pada mouse, yaitu tombol kecil yang ada diantara tombol klik kiri dan kanan mouse.

  • Langkah-langkahnya:
    Klik pada tombol yang ingin dicustom, dalam hal ini saya custom tombol 7, maka akan muncul sederet fungsi custom untuk tombol. Pilih yang paling bawah yaitu Macro Manager
  • Setelah itu, akan muncul tampilan Editornya. Di sini telah tersimpan settingan default bawaan Mouse untuk Treble Click, hapus semua settingan dengan meng-klik daftar record-nya, dan tekan tombol DELETE pada keyboard atau klik tanda X pada tampilan antar muka oscar editor. Kosongkan/hapus semua settingannya.
  • Setelah semua settingan telah dihapus dan kolom editor sudah kosong, pilih menu RECORD pada bagian atas editor, akan muncul notifikasi F11 untuk Start Record dan F12 untuk Stop Record.
  • Pada bagian ini, saya akan meng-custom tombol Macro “7” untuk settingan Quick Weapon Change, umumnya digunakan untuk main game Point Blank pada mode Shotgun dan Sniper/AWP. Jadinya, ketika mode record dijalankan dengan menekan F11 untuk record, maka tekan tombol Mouse Klik Kiri, lepas, tekan tombol 3 pada keyboard, lepas, terakhir tekan tombol 1 pada keyboard, lepas dan tekan tombol F12 untuk mengakhiri record.
  • Mungkin bagi maniak Point Blank akan muncul pertanyaan “Kenapa tidak menggunakan Klik Kiri (nembak) – Q – Q saja untuk Quick Change Weapon..? Kenapa harus Klik Kiri -3 -1 ..?” Hal ini dikarenakan pada mode Klik Kiri -> 3 -> 1 akan lebih menguntungkan dimana ketika secara tidak sengaja kita sedang menggunakan senjata apapun (Melee, Granat, dan lain sebagainya) maka cukup tekan tombol macro 1x otomatis player akan berada kembali pada posisi membawa senjata utama.
  • Setelah kombinasi tombol terekam/record, maka akan muncul pada kolom editor segala kombinasi tadi, mulai dari gerakan mouse, dan tombol-tombol yang ditekan. Pada bagian ini, hapus record yang tidak perlu dengan meng-klik recordnya dan menekan tombol delete pada keyboard. INGAT, jangan menekan sembarangan tombol pada mode ini/kolom record karena akan terekam oleh kolom record sekalipun fungsi record telah dihentikan (F12).
Setting Mouse Macro A4Tech XL-747H/F4 Untuk SG/AWP Game PointBlank
Setting Mouse Macro A4Tech XL-747H/F4 Untuk SG/AWP Game PointBlank

4. Atur timing antar tiap record dengan mengisi pada kolom sebelah kiri seperti pada gambar dibawah, kemudian memasukkan/menyisipkannya pada kolom record dengan meng-klik menu plug-in, dan hapus timing yang ada sebelumnya. Settingan timing jangan terlalu pendek, karena timing yang terlalu pendek sering kali menyebabkan senjata tidak menembakkan peluru, atau kombinasi Shoot-Quick Change tidak akan berjalan sempurna. Setelah pengaturan timing selesai, lanjutkan dengan menyimpan settingan mouse.

5. Setelah tersimpan, tutup program Macro Editor, maka kita akan kembali ke menu utama Antar Muka Oscar Editor. Hal yang paling krusial dan banyak kali terjadi adalah user lupa meng-import settingan Macro ke dalam Memory Mouse. Sudah capek-capek meng-edit settingan, tetapi Macro Mouse nya nggak jalan seperti pada program! Oleh karena itu jangan lupa meng-klik Download To Mouse untuk meng-import settingan ke dalam memory mouse. Setelah import settingan selesai, mouse dapat digunakan di komputer mana saja, rumah, warnet, kantor, dan lain sebagainya. Settingannya tetap tersimpan di dalam mouse dikarenakan mouse memiliki internal memory alias memory bawaan yang tersimpan pada mouse-nya!

thanks to kaskus…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s